Reviving My HP Mini 210 Using Ubuntu 12.10

Sudah sekitar 3 tahun netbook HP Mini 210 menemani pekerjaan saya. Ya, dari sejak kelas X sampai sekarang dimulai tugas-tugas sekolah, browsing, main game-game kecil, bahkan sudah menjadi mesin download paling mutakhir yang pernah saya punya.

Namanya teknologi makin lama makin canggih, kalau yang ini berarti dianggap makin usang bukan? Bicara soal netbook, memang performanya tidak secepat notebook. Netbook yang saya pakai ini mengusung prosesor Intel Atom N450 1,66GHz yang mana dikhususkan untuk melakukan komputasi sederhana seperti mengetik dan browsing saja.

Singkat cerita, di tahun 2012 saya mulai jarang menyentuh netbook saya ini. Kenapa? Mungkin karena punya PC canggih jadi sudah tidak tersentuh lagi. Dan kebetulan waktu itu saya sudah tidak menggunakannya untuk mengerjakan tugas kecuali untuk menggunakan software pembelajaran. Akhirnya, saya mencoba untuk mengoptimalkan netbook ini dengan segala macam cara seperti mendefrag hard drivenya secara keseluruhan, rupanya itu tidak memberikan perubahan signifikan. Saya juga mencoba beberapa software utilities untuk mengoptimalkan performa netbook ini namun hasilnya nihil. Mungkin nihil karena saya sudah melihat “performa asli” dari netbook ini yang rupanya kurang begitu memuaskan untuk saya.

Kebetulan, saya ingin mempelajari sesuatu yang bersifat Open Source seperti GNU/UNIX. Tanpa pikir panjang, saya mencoba untuk mendownload Ubuntu 12.10 dan kemudian saya install di netbook saya. Dulu saya sempat melakukan instalasi Ubuntu 9, 10, dan 11. Yang menjadi kendala utama adalah touchpad tidak bekerja maksimal dan wi-fi tidak bekerja pada kali pertama install. Saat itu saya harus melakukan beberapa langkah yang saya nilai itu cukup ribet dan membingungkan untuk user pemula. Kemarin saya mencoba untuk mencari kembali tutorial tersebut dan rupanya sudah ada solusi yang lebih mudah untuk mengatasi wifi tersebut. Lalu untuk touchpad, saya juga harus menempuh langkah-langkah yang cukup membingungkan dan hasilnya kurang memuaskan karena saya tidak dapat melakukan scrolling baik 2-finger scrolling maupun edge scrolling, namun right click dapat berfungsi dengan baik. Saya sudah mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan mouse USB. Kali pertama instalasi touchpad tidak dapat digunakan sama sekali sehingga saya sudah harus menggunakan mouse USB tersebut. Setelah instalasi selesai, saya kembali mencoba apakah touchpad dapat digunakan apa tidak, dan ternyata it works! Bahkan right click dapat berfungsi dengan baik. Setelah itu saya mencoba untuk melihat apakah saya dapat menggunakan scrolling apa tidak, dan edge scrolling dapat bekerja dengan baik! Saya pun senang bukan main karena ini merupakan hal yang membuat saya malas untuk kembali ke Linux/Ubuntu. Belum lagi setelah saya cek setting dari mouse dan touchpad, 2-finger scrolling juga dapat digunakan! Rupanya Ubuntu 12.10 sudah memperbaiki masalah tersebut.

Saya menggunakan Ubuntu + LXDE yang dipadukan dengan Compiz agar tampilan dan juga animasinya lebih ciamik. Banyak forum luar menyarankan untuk menggunakan LXDE pada netbook karena diklaim lebih irit penggunaan RAM nya. Saya juga menghapus beberapa aplikasi dan game bawaan yang tidak dibutuhkan melalui Ubuntu Software Center.

Ini adalah beberapa screenshot Ubuntu di netbook saya:

Desktop Ubuntu + LXDE dengan Faience-Theme dan Cairo-Dock.
Pemakaian RAM yang cukup irit.
Pemakaian RAM yang cukup irit.
System Properties. Menggunakan kernel 3.8.0-netbook.
System Properties. Menggunakan kernel 3.8.0-netbook.

Sejauh ini saya merasa nyaman menggunakan Ubuntu di netbook saya, apalagi lebih responsif dari Windows 😀

Jika ada yang membutuhkan referensi untuk bisa kontak saya melalui e-mail. Semoga posting ini bermanfaat!

2 thoughts on “Reviving My HP Mini 210 Using Ubuntu 12.10

  1. Yunita A.S (@Yunita408) May 21, 2013 / 12:34

    bisa tidak ubuntu dab windows 7 di pasang berdampingan pada netbook HP mini 210

  2. Donny May 21, 2014 / 17:39

    Broo bisa tolong bantu ane install Ubuntu + LXDE di netbook hp mini ane? Tolong email ane gan caranua. Kinda need it immediately heheh
    Thanks.

Leave a Reply

