Review: Windows 8 RTM

Sebenarnya, saya sempat menggunakan Windows 8 dari versi Developer, Consumer, dan Release Preview. Hingga akhirnya saya dapat menggunakan versi RTM sekarang. Selama ini saya cukup takjub melihat apa yang diberikan Microsoft pada Windows 8 dimana ini merupakan suatu perubahan besar atau “overhaul” dari Windows seri-seri sebelumnya. Mengapa? Karena pada Windows 8 ini, segalanya sudah dibuat lebih mudah lagi dari seri-seri sebelumnya. Bahkan, Windows 8 diklaim dapat berjalan pada Tablet PC sehingga hampir setiap tampilannya dibuat seperti semi-tablet.Dalam kesempatan ini, saya mengulas hal-hal seputar Windows 8 yang sudah berstatus RTM ini.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft telah merilis Windows 8 secara resmi melalui tahap-tahap yang sudah saya sebutkan di awal. Windows 8 sudah dioptimalkan agar dapat berjalan disemua platform komputer seperti Tablet PC,  PC, notebook dan netbook dan didesain lebih efisien dalam penggunaan daya. Windows 8 juga sudah mendukung penuh hardware acceleration, penggunaan memori yang lebih efisien, menitikberatkan pada kemudahan pada pemakaian terutama pada pengoperasian berbasis layar sentuh.

Dalam review ini, saya akan membahas mulai dari proses persiapan, instalasi, dan beberapa analisa fitur dan kinerja dalam Windows 8.

Saya menggunakan PC dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • AMD Phenom II X4 Black Edition 3,2 GHz,
  • RAM 4 GB
  • HIS AMD Radeon HD6790 1GB
  • Hard Drive WD Caviar Green 500GB

System Requirements

Berikut adalah spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 8:

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) or faster with support for PAE, NX, and SSE2
  • RAM: 1 gigabyte (GB) (32-bit) or 2 GB (64-bit)
  • Hard disk space: 16 GB (32-bit) or 20 GB (64-bit)
  • Graphics card: Microsoft DirectX 9 graphics device with WDDM driver

Instalasi

Dalam proses ini, saya menggunakan Windows 8 Pro x64/64-bit. Metode instalasi yang saya gunakan adalah via boot lewat USB. Proses instalasi Windows 8 mirip dengan proses instalasi Windows Vista dan 7. Perbedaannya adalah pada interface installer. Walaupun masih mengadopsi tampilan installer Windows Vista dan 7, kali ini tampilan dibuat menggunakan konsep Metro yang lebih sederhana.

Pada tahap terakhir instalasi, terdapat beberapa opsi untuk customization yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Jika internet dalam keadaan terhubung, user akan diminta untuk mengintegrasikan account Microsoft kedalam Windows 8. Ini juga terdapat pada versi Windows 8 sebelumnya. Saran saya, lebih baik jangan menghubungkan komputer ke internet dan mengintegrasikan account Microsoft, karena akan merepotkan saat login dimana anda akan diminta untuk sign-in ke Microsoft untuk dapat menggunakan komputer. Setelah pengaturan selesai akan tampil animasi “a whole new way” dalam menggunakan Windows 8 yaitu mengarahkan kursor mouse ke pojok layar untuk menampilkan menu Windows atau yang disebut sebagai Charm Bar.

First Impress

Setelah instalasi selesai, maka akan tampil Start Screen Windows 8. Ini tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya, perbedaannya hanya ada pada menu personalisasinya yang nanti akan bebas mengubah background dan warna dasarnya. Kita akan melihat program bawaan yang sebelumnya juga sudah ada seperti Mail, Weather, News, Social, dan lainnya.gainya), Metro Apps, dan mengakses program atau aplikasi yang terpasang didalam Windows 8 layaknya start menu, tetapi tanpa folder sehingga hanya iconnya saja yang terlihat. Walaupun Windows 8 dapat digunakan di netbook, tetapi untuk netbook yang menggunakan resolusi 1024×600 tidak dapat menjalankan Metro Apps karena resolusi minimum yang dianjurkan adalah 1024×768.

Windows 8 UI & Performance

Windows 8 mampu bekerja dengan performa yang baik dan impresif. Sangat berbeda dengan versi sebelumnya, mungkin karena sudah melakukan perbaikan terhadap versi sebelumnya. Proses booting terasa lebih cepat dibanding sebelumnya, begitupun dengan mematikan komputer. Ada beberapa perubahan pada Copy Dialog dan Task Manager. Kali ini, Copy Dialog terlihat lebih intuitif  dilengkapi dengan informasi yang lengkap beserta grafik kecepatan proses copy. Begitupun Task Manager yang sudah dibuat lebih intuitif pula.

Compatibility
Well, sepertinya hampir semua aplikasi berjalan dengan baik dari aplikasi yang membutuhkan platform 32bit sampai 64bit sekalipun. Pastikan anda menginstall driver yang khusus untuk Windows 8 (jika ada) agar performa dan kompatibilitasnya lebih baik dan meminimalisir error. Masalah dalam kompatibilitas yang saya temui adalah ketika saya mencoba untuk menginstall PES 2013, bermain Gunbound Revolution, dan menginstall driver scanner CanoScan LiDE 20. Untuk PES 2013, dapat diatasi dengan cara set compatibility ke Windows XP Service Pack 3, tetapi pada saat anda bermain dalam keadaan fullscreen, anda akan melihat garis putih dibawah karena tidak fullscreen secara penuh. Lalu, Gunbound Revolution. Masalah terletak pada GameGuard/Anti-hack system yang belum compatible dengan Windows 8 sehingga mengakibatkan fullscreen. Belum ada solusi untuk ini. Terakhir adalah driver scanner. Setelah saya mencoba untuk mencari driver kemana-mana, ternyata Canon tidak menyediakan driver untuk platform 64bit, referensi yang dianjurkan adalah dengan cara menginstall Hamrick VueScan. Akhirnya scanner dapat bekerja dengan baik.

Conclusion

Microsoft benar-benar membuat sebuah revolusi dari versi Windows sebelumnya. Walaupun terkadang masih ada yang melontarkan beberapa respon positif dan negatif dari sejak rilisnya Developer Preview. Overall, saya cukup puas menikmati OS baru besutan Microsoft ini. Selain tampilannya yang benar-benar sederhana, intuitif dan sangat efisien, Windows 8 juga terasa lebih ringan dari Windows 7. Konon, Windows 8 diklaim hanya menggunakan sekitar 300MB dari RAM dan mengoptimalkan kinerja prosesor maupun hardware lainnya yang saling terkait.

So, apakah anda tertarik ntuk upgrade ke Windows 8? 😀

Advertisements

One thought on “Review: Windows 8 RTM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s